5 Cara Mengembalikan Channel TV Digital yang Hilang, 100% Berhasil

Avatar photo
5 Cara Mengembalikan Channel TV Digital yang Hilang, 100% Berhasil

Pada halaman ini kami akan memberikan tutorial cara mengembalikan channel TV digital yang hilang dengan mudah dan cepat.

Sebagian besar pemilik TV digital tidak mengetahui bahwa saat menggunakan antena over-the-air alias OTA, penting untuk sering melakulan pemindaian ulang saluran TV digital.

Namun, dalam beberapa kasus yang seringkali terjadi, banyak pemilik TV digital yang kehilangan salurannya juga setelah melakukan proses pemindaian ulang.

Apakah kamu bertanya-tanya mengapa channel TV digital bisa menghilang? Jangan panik, dalam postingan ini kami akan membantu kamu memahami mengapa TV digital kamu kehilangan saluran.

Mengapa Channel TV Digital Menghilang dengan Sendirinya?

Ada beberapa penyebab utama mengapa TV digital kamu bisa kehilangan channel, berikut beberapa penyebabnya.

  • Antena rusak.
  • Perubahan posisi antena.
  • Gangguan sinyal.
  • Faktor cuaca.
  • Perubahan frekuensi.
  • Channel berpindah ke satelit lain.
  • Perubahan Status FTA menjadi FTV.

Nah, itulah beberapa penyebab channel TV digital tiba tiba menghilang dengan sendirinya, dengan mengetahui beberapa penyebab di atas, kamu akan semakin mudah mengatasi masalahnya.

Cara Mengembalikan Channel TV Digital yang Hilang

Cara Mengembalikan Channel TV Digital yang Hilang

Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membantu mengembalikan channel TV digital yang hilang.

1. Tambahkan Kembali Saluran yang Hilang Secara Manual

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menambahkan kembali channel yang hilang jika TV digital kamu mengizinkannya.

Beberapa TV memungkinkan kamu menambahkan saluran secara manual di menu pengaturan, misalnya pada TV merk Sony Bravia lama akan melakukannya, tetapi pada Samsung baru tidak, jadi konsultasikan manual TV kamu.

2. Pindahkan Antena ke Lokasi yang Lebih Baik

Jika TV digital kamu tidak mengizinkan kamu menambahkan saluran secara manual, DAN kamu menggunakan antena dalam ruangan, kamu mungkin ingin mencoba trik ini.

Jika kamu menggunakan antena datar yang tergantung di dinding dalam rumah kamu, buka jendela terdekat, lalu gantungkan antena kamu di luar dengan mengarah ke menara TV di area kamu, lalu jalankan pemindaian, kamu mungkin membutuhkan kabel coax yang lebih panjang.

Ini adalah cara mudah untuk sementara memberikan TV kamu penerimaan terbaik selama pemindaian, setelah selesai, bawa antena kamu kembali ke dalam.

Setelah antena kamu kembali ke lokasi normalnya, kamu mungkin tidak dapat menyetel semua saluran, tetapi setidaknya saluran tersebut akan ada di memori TV kamu sehingga kamu dapat bereksperimen dengan posisi antena kamu.

3. Perbarui Firmware TV Digital

Cara lain yang dapat kamu coba adalah memperbarui firmware TV kamu (yaitu perangkat lunak yang berjalan di dalam TV kamu), terutama jika itu adalah TV lama.

Periksa situs web pabrikan TV kamu untuk pembaruan apa pun, terkadang kamu dapat mengunduhnya ke stik USB, lalu menyambungkannya ke TV untuk memperbaruinya.

Coba scan ulang setelah itu, mungkin kamu akan mendapatkan kembali salurannya, atau jika saluran kamu masuk pada saluran yang berbeda, saluran tersebut mungkin akan dipetakan kembali ke saluran yang benar setelah pembaruan.

4. Dapatkan TV Baru

TV modern akan dapat menyelesaikan masalah saluran virtual yang saya jelaskan di atas, jika TV kamu bermasalah dengan itu, TV baru akan menyelesaikannya.

TV yang lebih baru juga cenderung memiliki tuner yang lebih baik daripada yang dibuat sebelumnya, katakanlah tahun 2015.

Orang-orang melaporkan bahwa TV Samsung tampaknya menghadirkan saluran siaran paling banyak, dan pengujian kami sendiri setuju dengan hal ini.

Sebagian orang mungkin tidak perlu membeli TV baru hanya untuk mengatasi masalah ini, tetapi biarkan itu menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan dalam keputusan pembelian kamu.

5. Hubungi Stasiun TV

Cari di Google untuk surat panggilan atau nama saluran yang bermasalah dengan TV kamu untuk menemukan situs web mereka.

Seringkali, mereka akan memiliki formulir kontak yang dapat kamu kirimi e-mail jika kamu mengalami masalah penerimaan.

Hebatnya, ketika kami melakukan ini, mereka benar-benar merespon dan sangat membantu! Seseorang benar-benar memberi tahu kami tentang perubahan saluran.

Mereka mungkin akan memberikan tips lain tentang ke mana mengarahkan antena kamu dan apakah layak mendapatkan antena yang lebih baik.

Akhir Kata

Mungkin itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang 5 cara mengembalikan channel TV digital yang hilang, semoga membantu dan terimakasih.