5 Jenis Penipuan NFT yang Wajib Kamu Ketahui

Jenis Penipuan NFT

Mengingat prevalensi penipuan NFT di Web3, kita harus mendidik diri sendiri tentang jenis penipuan NFT yang paling sering terjadi dan cara menghindari penipuan NFT ini.

Sementara Kevin McCoy mencetak NFT pertama yang terdokumentasi bernama ‘Quantum’ pada Mei 2014, baru pada tahun 2017 NFT menjadi arus utama dan menjadi perbincangan internasional selama puncak epidemi COVID-19 pada tahun 2021, bahkan beberapa NFT dijual dengan harga mendekati menjadi satu juta dolar.

Menurut Bloomberg, lebih dari $40 miliar telah dihabiskan untuk NFT pada tahun 2021, sehingga diharapkan industri miliaran dolar yang diatur dengan buruk ini menarik scammers dari seluruh dunia.

Apa Saja Jenis Penipuan NFT?

1. Phising

penipuan NFT dengan Scammers phishing berusaha untuk mendapatkan seed phrase atau kunci pribadi kamu dengan meniru pengembang dompet kamu (misalnya, MetaMask) dan meminta kamu untuk memasukkan frase seed kamu di situs web palsu mereka (yang biasanya dirancang dengan baik agar terlihat seperti situs web asli).

Mereka menjangkau kamu di berbagai platform seperti pesan langsung Discord, iklan palsu, Tweet, email, hingga whatsapp dengan pesan mendesak bahwa dompet kripto kamu telah disusupi.

kamu kemudian diminta untuk pergi ke situs web mereka menggunakan tautan dan ‘memulihkan dompet’ dengan memasukkan seed frase atau kunci pribadi kamu.

Setelah kamu melakukan ini, scammers ini akan memiliki akses penuh ke dompet kamu dan segera mentransfer semua kripto dan NFT kamu ke dompet lain(milik mereka).

Untuk menghindarinya, jangan pernah berinteraksi dengan pesan dan email yang mencurigakan. Jangan pernah memberikan kunci pribadi atau frase awal kamu ke situs web mana pun, tidak peduli seberapa otentik tampilannya.

TERKAIT:  Cara Melihat Tempat Yang Pernah Dikunjungi di Google Maps

Pengembang dompet tidak akan pernah meminta frase awal kamu; satu-satunya saat kamu perlu mengetikkan frasa awal adalah saat kamu mengimpor dompet yang ada ke perangkat baru.

2. Fake Mints

Jika kamu telah mengikuti proyek NFT yang hyped-up di Discord atau Twitter untuk beberapa waktu, kamu akan tahu betapa sulitnya mendapatkan daftar putih untuk mencetak NFT mereka. Scammers memahami betapa inginnya orang-orang masuk daftar putih proyek semacam itu.

Mereka memangsa emosi kamu dengan mengirimi kamu DM di Discord atau menandai kamu di Tweet, mengatakan bahwa kamu telah masuk daftar putih untuk mencetak NFT proyek.

Setelah kamu menghubungkan dompet kamu dan menandatangani kontrak pintar mereka untuk ‘mencetak’ NFT, kamu akan memberi mereka akses penuh ke semua aset di dompet kamu.

Untuk menghindarinya, selalu matikan DM di semua server Discord kamu; Tim proyek NFT tidak akan pernah langsung mengirimi kamu pesan tentang peran daftar putih. Mereka akan selalu melakukannya melalui saluran pengumuman resmi mereka atau di situs web mereka.

3. Airdrop Palsu

Semua orang menyukai airdrop gratis, maksud saya, siapa yang tidak suka ketika uang gratis jatuh dari langit? Airdrop NFT gratis dari proyek NFT yang sukses sering kali dapat dijual dengan harga bagus.

Namun, jika kamu pernah menerima ‘uang gratis’, kamu harus berhati hati karena bisa saja itu merupakan penipuan NFT.

Jika kamu melihat NFT baru dalam koleksi kamu yang tidak kamu harapkan, periksa kembali saluran pengumuman server Discord atau tanyakan kepada moderator apakah ada airdrop baru-baru ini.

Jika pengumuman atau moderator mengkonfirmasi bahwa itu adalah airdrop yang sah, maka bagus untuk kamu, kamu memang telah menerima ‘uang gratis‘.

TERKAIT:  Cara Jadikan Pulsa ke Dana dengan Mudah dan Praktis

Namun, jika mereka mengatakan tidak ada airdrop, jangan mencoba untuk berinteraksi dengan atau menjual NFT tersebut, karena ada kontrak pintar berbahaya yang terkait dengan NFT tersebut yang akan menguras dompet kamu.

4. Rug Pulls

Siapa yang bisa melupakan NFT es krim ‘Frosties’ yang terkenal yang merupakan Rug Pulls yang menelan biaya total $1,3 juta atau sekitar 19 Miliar pada Januari 2021?

Rug Pulls adalah jenis penipuan NFT di mana tim proyek meninggalkan proyek segera setelah dicetak, meninggalkan pembuat hanya dengan NFT yang baru dicetak.

Proyek Rug Pulls biasanya sangat digembar-gemborkan, muncul dengan kesepakatan yang rumit dan dibuat-buat yang menjanjikan bulanan.

Mereka dapat melakukan ini karena mereka tidak memiliki niat untuk menepati janji yang tercantum dalam alur kesepakatan.

Sulit untuk memastikan apakah proyek NFT yang akan datang akan menarik, terutama ketika mereka telah melakukan banyak pemasaran, memiliki situs web yang dirancang dengan baik, peta jalan, dan komunitas Discord yang berkembang. Semua kotak centang telah dicentang untuk menandai proyek NFT yang sah.

Meskipun kamu dapat menyelidiki latar belakang seluruh tim proyek, itu akan memakan waktu, dan saya sangat ragu kamu akan melakukan ini untuk setiap proyek untuk menghindari Rug Pulls.

Saran terbaik adalah menginvestasikan apa yang kamu rela kehilangan dan tidak mencetak NFT jika kamu merasa terlalu mahal.

5. Perangkat lunak perusak

Meskipun ini bukan penipuan NFT semata, aset digital kamu termasuk aset kamu masih dapat dicuri.

Komputer kamu dapat terinfeksi virus malware saat kamu mengunjungi situs web yang mencurigakan dan mengeklik tautan yang tidak dapat dipercaya.

TERKAIT:  Cara Mengirim Saldo DANA ke ShopeePay Ternyata Mudah Loh

Setelah komputer kamu terinfeksi malware, peretas dapat mencuri file kamu dan bahkan kunci pribadi terenkripsi dari dompet digital kamu.

Jika kamu menggunakan kata sandi yang lemah, tidak akan lama mereka dapat mengakses dompet kamu dan kamu sudah pasti terkena penipuan NFT.

Jika kamu memiliki NFT yang berharga dan banyak cryptocurrency, selalu merupakan ide yang baik untuk menyimpannya di dompet perangkat keras yang dimaksudkan untuk penyimpanan secara aman.

Ini membuat kunci pribadi kamu tetap offline, dan kamu tidak boleh menggunakan dompet digital di perangkat keras kamu untuk transaksi reguler selain memegang aset kamu.

Kesimpulan

Perdagangan NFT hanyalah salah satu dari banyak peluang menghasilkan uang secara online . Karena Web3 dan NFT masih dalam masa pertumbuhan, tidak ada pedoman yang ketat.

kamu dapat menghasilkan keuntungan cepat atau kehilangan semua aset kamu dalam sekejap melalui penipuan atau keputusan investasi yang buruk.

Seperti kebanyakan hal dalam hidup, jika sesuatu tampak terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, itu sering terjadi.

Dengan begitu banyak penipuan NFT di luar sana, hindari janji menghasilkan uang dengan cepat atau klaim bahwa akun kamu telah disusupi. Selalu berhati-hati dan tetap aman saat berinvestasi!

demikian beberapa jenis penipuan NFT yang dapat kami sampaikan disini, semoga bisa menambah wawasan kamu untuk berinvestasi secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.