6 Cara Edit Foto Makanan untuk Jualan Online Secara Gratis

Avatar photo
Cara Edit Foto Makanan untuk Jualan Online di Adobe Lightroom

cara edit foto makanan untuk jualan online memang cukup sulit jika kamu merupakan seorang pemula dalam melakukan pengeditan foto.

Tetapi kali ini pena akan membahas apa saja yang harus kamu lakukan jika ingin mengedit foto makanan kamu untuk dijual secara online.

Melakukan pengeditan foto makanan hampir sama dengan mengedit foto biasa atau pemandangan.

Jadi kamu dapat melakukannya melalui aplikasi editing foto gratis atau berbayar, namun pena kali ini akan merekomendasikan kamu untuk mengedit foto makanan menggunakan adobe lightroom.

Hal terbaik tentang editor foto ini adalah benar-benar gratis untuk digunakan! Ada juga versi untuk android dan iOS jika kamu ingin mengedit foto di smartphone kamu.

menggunakan Adobe Lightroom di laptop kamu memerlukan langganan bulanan ke perangkat lunak.

Jika kamu baru dalam mengedit, versi seluler/tablet adalah tempat yang bagus untuk memulai karena mereka memiliki banyak fitur dari versi gratis ataupun berbayar.

Cara Edit Foto Makanan untuk Jualan Online di Lightroom

Cara Edit Foto Makanan untuk Jualan Online di Adobe Lightroom

Berikut ini merupakan langkah langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengedit foto makanan melalui adobe lightroom.

1. Edit Kurva Nada

Hal pertama yang harus di lakukan saat mengedit foto di Lightroom adalah mengedit kurva nada. kamu dapat menemukan kurva nada di bawah tab ‘cahaya’ di Lightroom.

Kurva nada memungkinkan kamu untuk mengubah kontras foto dengan lebih presisi daripada hanya menggunakan penggeser kontras.

Untuk sebagian besar foto makanan, kamu menginginkan kurva nada berbentuk S yang halus.

Dengan hanya mengedit kurva nada, foto kamu sudah memiliki lebih banyak dimensi dan kontras daripada aslinya!.

2. Edit Putih, Hitam, Sorot + Bayangan

Umumnya, kamu ingin menambah putih dan bayangan, dan mengurangi hitam dan sorotan. Ini membantu meningkatkan kontras pada foto dan memberikannya lebih banyak dimensi.

Sesuaikan pada pengaturan sampai kamu mencapai kontras yang kamu inginkan. Terkadang pena mungkin memutuskan untuk mengurangi bayangan jika foto terlihat sangat datar.

Seberapa banyak kamu mengubah pengaturan ini tergantung pada pencahayaan di foto asli kamu.

3. Edit Eksposur

Hal berikutnya yang perlu di edit adalah eksposur. kamu mungkin perlu kembali dan menyesuaikan kembali pengaturan di langkah 1 dan 2 jika sorotan terlihat terlalu pudar.

Seberapa cerah foto yang kamu inginkan tergantung pada gaya pribadi kamu. pena suka tampilan putih cerah tetapi ini mungkin tidak cocok pada foto kamu.

4. Edit Panel HSL

Panel HSL memungkinkan kamu untuk mengedit hue (warna), saturasi (intensitas) dan luminance (kecerahan) dari setiap warna individual di foto.

Menyesuaikan tampilan setiap warna sangat berguna saat mengedit foto makanan. kamu dapat menyesuaikannya sesuka hati.

5. Edit Detailnya

Ada beberapa pengaturan di Lightroom yang bisa kamu mainkan untuk mengubah ketajaman foto makanan. kamu dapat menemukannya di bawah tab ‘detail’ di Lightroom.

Secara umum pena mengubah pengaturan ketajaman, radius, masking, dan noise. Tingkat pengeditan yang kamu lakukan di sini akan tergantung pada ketajaman foto kamu.

6. Simpan Foto

Jika pengeditan foto makanan sudah selesai, kamu dapat menyimpannya secara langsung ke galeri di perangkat yang kamu gunakan.

Kamu juga dapat membagikannya secara langsung ke teman atau ke media sosial yang kamu miliki.

Akhir kata

Itulah dia beberap alangkah mudah untuk cara edit foto makanan untuk jualan online yang dapat pena sampaikan kali ini, semoga dapat membantu dan bermanfaat yah.