Cara Mencari Saluran TV Digital SHARP Secara Otomatis dan Manual

Avatar photo
Cara Mencari Saluran TV Digital SHARP Secara Otomatis dan Manual

Pada artikel ini kami akan memberikan tutorial cara mencari saluran TV digital SHARP dengan mudah, silahkan kamu simak penjelasanya hingga tuntas.

Kebanyakan orang saat ini menggunakan TV digital daripada TV analog, tetapi baru-baru ini banyak pengguna TV digital yang siarannya menghilang dengan sendirinya.

Ada juga siaran TV yang tidak ada sinyal-nya, channel yang di acak, atau memang sejak awal pemasangan daftar saluran TV sudah terbatas.

Pasti hal itu jadi menyebalkan, meskipun bagi sebagian orang TV bukanlah media hiburan utama, tetapi tetap saja menonton TV menjadi suatu hiburan yang tidak boleh ditinggalkan.

Untuk itu, sebaiknya kita mesti belajar mencari saluran TV yang hilang dengan sendirinya atau secara tiba-tiba pada TV digital yang kita miliki.

Tetapi, melakukan proses program TV sendiri tentu membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi seperti TV dengan parabola yang perlu di setting supaya dapat menangkap sinyal satelit.

Sekarang, apakah kamu tahu penyebab saluran TV digital tiba-tiba hilang dengan sendirinya? Jika tidak, ayo kamu simak penjelasan berikut ini.

5 Faktor Utama Saluran TV Digital SHARP Menghilang

penyebab saluran TV digital SHARP

Berikut 5 penyebab saluran TV digital SHARP ataupun TV digital merk lainnya bisa menghilang dengan sendirinya atau secara tiba-tiba.

1. Faktor Cuaca

Saluran TV yang hilang terjadi karena faktor cuaca itu sudah biasa, namun ada beberapa siaran yang tetap lancar ketika hujan, tetapi lebih banyak channel TV yang hilang saat hujan. 

2. Perubahan Frekuensi

Perubahan frekuensi menjadi hal yang sudah tak asing lagi yang menyebabkan saluran TV menghilang dengan sendirinya.

Perubahan frekuensi ini biasanya diberitahukan ke penonton dengan menampilkan tampilan teks berjalan suapaya mencatat frekuensi siaran TV terbaru.

Untuk mengembalikan channel TV yang hilang karena terhapus, kamu bisa menambah siaran baru secara manual dengan mencari frekuensi terbaru channel TV (cari di Google). 

3. Perubahan Posisi Antena

Perubahan posisi antena misalnya parabola dapat mengakibatkan sinyal atau TV menghilang, untuk memperbaiki masalah ini, kembalikan posisi antena kamu ke posisi yang semestinya. 

Pastikan mengunci parabola pada posisi sinyal yang kuat agar channel tidak mudah hilang, tetapi ada baiknya hal ini dilakukan oleh teknisi profesional. 

4. Perubahan Status FTA menjadi FTV

Alasan siaran TV menghilang dengan sendirinya dapat disebabkan oleh perubahan status siaran TV dari FTA menjadi FTV.

Siaran FTA alias Free To Air adalah siaran gratis yang tersedia di semua receiver lama maupun receiver terbaru.

Sedangkan Free To View yang disingkat menjadi FTV adalah siaran berbayar ekslusif yang bisa disaksikan secara gratis pada receiver digital tertentu. 

Siaran FTA yang berubah menjadi FTV contohnya adalah siaran dari MNC Grup yang meliputi Global TV, MNC TV, dan RCTI sudah tidak ada lagi pada TV parabola.

5. Satelit Berubah

Siaran menghilang juga dapat disebabkan karena siaran berpindah ke satelit yang lain, misalnya ketika semua siaran dari satelit Palapa, kini telah berpindah ke satelit Telkom 4 beberapa tahun yang lalu.

Untuk mengembalikan saluran yang hilang karena siaran berpindah ke satelit lain, cukup lakukan scan otomatis supaya lebih cepat mengembaikan channel yang hilang. 

Cara Mencari Saluran TV Digital SHARP Menggunakan Remote 

Cara Mencari Saluran TV Digital SHARP Menggunakan Remote

Untuk mencari saluran TV digital SHARP yang hilang, bisa dilakukan secara manual dengan remot ataupun secara otomatis tanpa remot.

Secara manual :

  • Pertama, tekan tombol “Menu” di remote TV SHARP kamu.
  • Lalu, TV akan menampilkan menu “Manual Search” dan “Auto Search”.
  • Silahkan pilih menu “Manual Search” untuk mencari secara manual.
  • Kemudian, masukkan frekuensi channel TV terbaru yang ingin kamu tambahkan.
  • Sekarang, lakukan saja proses pencarian.
  • Terakhir, simpan channel TV yang sudah ditemukan.

Secara Otomatis :

  • Pertama, tekan tombol “Menu” pada receiver atau remote TV kamu.
  • Lalu, TV akan menampilkan menu “Manual Search” dan “Auto Search”.
  • Pilih “Auto Search” untuk pencarian otomatis.
  • Kemudian, tunggu proses pencarian saluran TV hingga selesai.
  • Dan hasil pencarian siaran yang sudah ditemukan akan tersimpan secara otomatis.

Akhir Kata

Demikian penjelasan yang dapat kami sampailan mengenai cara mencari saluran TV digital SHARP menggunakan remote, terimakasih dan semoga membantu.