4 Cara Melihat Password WiFi di Komputer Windows 10

Avatar photo
4 Cara Melihat Password WiFi di Komputer Windows 10

Kali ini kami akan memberikan tutorial cara melihat password WiFi di komputer Windows 10, simak penjelasannya sampai akhir.

Kebanyakan orang sering lupa dengan password Wi-Fi perangkat mereka, namun untungnya, Windows 10 memudahkan penggunanya untuk melihat kata sandi jaringan saat dibutuhkan.

Jika kamu tidak ingat password Wi-Fi kamu dan perlu memberikannya kepada seseorang atau menggunakannya di perangkat lain, ada beberapa cara melihat password di komputer Windows kamu.

Hari ini, kami akan menunjukkan berbagai cara melihat kata sandi WiFi di komputer Windows 10, setiap metode berguna tergantung pada preferensi kamu dan seberapa banyak akses yang kamu miliki ke pengaturan PC jika kamu bukan administrator.

Cara Melihat Password WiFi di Komputer Windows 10

Berikut telah kami sajikan 4 cara melihat password WiFi di komputer Windows 10 yang dapat kamu lakukan dengan mudah.

1. Gunakan Pengaturan Windows

Pengaturan Windows

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuka pengaturan Windows kamu, ini adalah metode termudah untuk menemukan kata sandi Wi-Fi.

Begini caranya:

  • Dari menu Mulai, klik “Setting” lalu klik “Network & Internet”.
  • Di bagian Status, gulir ke bawah dan klik “Network and Sharing Center”.
  • Sekarang klik nama Wi-Fi kamu di bagian “View your active network”.
  • Ketika jendela Status Wi-Fi terbuka, klik “wireless properties” disini.
  • Setelah itu, pindah ke tab “Keamanan” dan centang kotak di sebelah “Tampilkan karakter” untuk melihat kata sandi Wi-Fi kamu.

2. Lihat Password WiFi langsung dari Panel Kontrol

Meskipun cara di atas berfungsi dengan baik, bagaimana jika kamu tidak dapat mengakses pengaturan Windows 10 sama sekali?

Atau mungkin kamu lebih suka metode yang lebih cepat dan tidak keberatan mengingat perintah kecil. Nah, kamu bisa langsung mengakses pengaturan jaringan Wi-Fi kamu menggunakan perintah “Run” alias jalankan.

Panel Kontrol

Ikuti petunjuk berikut :

  • Buka dialog “Run” dengan menekan tombol Windows+R dan ketik “ncpa.cpl” di bidang teks lalu klik OK.
  • Perintah ini akan langsung membuka koneksi jaringan kamu di panel kontrol.
  • Klik kanan pada jaringan Wi-Fi kamu di sini dan pilih “Status” dari menu konteks.
  • Klik “Wireless Properties” di jendela status Wi-Fi.
  • Sekarang klik pada tab “Keamanan” dan kemudian centak kotak “Show character” untuk menampilkan kata sandi Wi-Fi kamu.

3. Gunakan Perintah Power Shell

Datang ke metode yang lebih maju yaitu Power Shell, kamu dapat menggunakan perintah Network Shell (Netsh) untuk melihat banyak detail tentang jaringan kamu, termasuk kata sandinya.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan metode ini untuk melihat kata sandi dari semua jaringan yang terhubung dengan PC kamu sebelumnya.

Misalnya, jika kamu ingin mengetahui kata sandi jaringan kantor saat berada di rumah, kamu dapat melakukannya menggunakan metode ini tanpa perlu terhubung ke jaringan kantor.

Namun, ini tidak akan berfungsi jika kamu menggunakan opsi “Forget” untuk melupakan detail jaringan.

Power Shell

Ikuti petunjuk berikut :

  • Klik kanan pada menu Start dan pilih “Windows Power Shell” dari daftar.
  • Di sini masukkan perintah ini “netsh wlan show profiles” dan tekan tombol Enter.
  • Kamu akan melihat semua nama jaringan yang disimpan di bawah bagian profil pengguna.
  • Cukup salin nama jaringan dari sini sehingga kamu dapat dengan mudah menggunakannya di perintah berikutnya.

Untuk mengetahui kata sandi dari salah satu jaringan yang disimpan, gunakan perintah yang disebutkan di bawah ini dan ganti “wifiname” bagian tersebut dengan nama jaringan yang sebenarnya.

netsh wlan show profile “name=wifiname” key=clear

Misalnya, dalam kasus saya, perintahnya adalah netsh wlan show profile “name=SSID hidden” key=clear.

Setelah kamu menekan tombol Enter, kamu akan melihat banyak informasi tentang jaringan ini. Di sini, di bagian Pengaturan keamanan, kata sandi akan ditulis di sebelah konten utama.

4. Gunakan Penampil Password WiFi Pihak Ketiga

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membantu kamu melihat semua jaringan yang disimpan dan kata sandinya di satu tempat.

Jika kamu sering melupakan kata sandi Wi-Fi kamu, maka menggunakan aplikasi pihak ketiga berguna karena menjadikannya proses sekali klik untuk melihat semua data.

Selain itu, kamu mungkin ingin menggunakan perangkat lunak pihak ketiga jika kamu perlu melakukan tugas lanjutan seperti mengimpor kata sandi Wi-Fi dari PC/Windows lain atau mengekspornya.

Kamu dapat menggunakan software seperti WiFi Password Revealer, ini adalah aplikasi dapat menunjukkan semua kata sandi jaringan yang disimpan di komputer kamu, dan memungkinkan kamu menyalinnya secara langsung dengan cepat.

Akhir Kata

Itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai 4 cara melihat password WiFi di komputer Windows 10, semoga membantu dan terimakasih.