Cara Mencari Gelombang TV Digital Semua Merek Tanpa Ribet

Avatar photo
Cara Mencari Gelombang TV Digital Semua Merek Tanpa Ribet

Pada postingan ini kami akan memberikan tutorial cara mencari gelombang TV digital dengan mudah, ayo simak penjelasannya sampai akhir.

Televisi telah bersama kita sejak lama dan teknologinya terus menjadi lebih canggih dari waktu ke waktu, kebanyakan orang saat ini tidak lagi memakai TV analog, namun mereka beralih ke siaran TV Digital.

Banyak orang Indonesia suka bahwa mereka dapat menonton TV gratis melalui dekoder digital mereka.

Faktanya saat ini di Indonesia, sebagian besar TV sudah dilengkapi dengan dekoder digital bawaan dan menghilangkan kebutuhan akan segala jenis dekoder eksternal.

Namun, terkadang saat mencoba menonton saluran gratis favorit, kita tidak dapat menemukan gelombang atau saluran apa pun untuk ditonton.

Sebagian besar, saluran ada di sana tetapi tidak memberikan gambar atau suara apa pun dan kamu terjebak dengan layar “no signal” yang sangat mengganggu.

Di lain waktu tidak ada sama sekali untuk ditampilkan di daftar saluran, jangan khawatir kamu tidak sendirian, kami sudah terlalu sering mengalami hal ini ketika kami suka menonton TV.

Yang perlu kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah dan mulai menikmati siaran TV digital adalah mencari gelombang TV digital kamu atau memindai ulang saluran dan kamu akan baik-baik saja.

Mengapa kamu ingin mencari gelombang pada TV digital yang kamu gunakan? Lebih lengkapnya, simak penjelasan dibawah ini.

Mengapa Kita Harus Mencari Gelombang TV Digital?

Televisi digital (ATSC 1.0) telah berfungsi sebagai media untuk siaran TV gratis sejak tahun 90-an, dan seperti teknologi berusia 20 tahun lainnya, ini sedikit aneh.

Kamu akan mengharapkan TV untuk mengetahui stasiun lokal mana yang tersedia, seperti radio, tetapi bukan itu masalahnya, sebagai gantinya TV kamu menyimpan daftar stasiun yang tersedia, aneh ya?

Tahukah kamu berapa lama TV dan radio harus disetel ke stasiun dengan tangan? Nah, saat kamu memindai saluran di TV, itu pada dasarnya melakukan proses itu untuk kamu.

TV perlahan-lahan menjalankan setiap frekuensi televisi yang memungkinkan membuat daftar setiap saluran yang tersedia di sepanjang jalan.

Kemudian, saat kamu menonton TV nanti, kamu hanya membolak-balik daftar itu, biasanya daftar itu perlu diperbarui sesekali dan kamu harus memulai proses pemindaian dari awal lagi.

Kapan Harus Mencari Gelombang TV Digital?

Kamu perlu mencari gelombang setiap kali ada perubahan frekuensi siaran lokal, itu berarti kamu harus memindai ulang setiap kali kamu pindah, setiap kali kamu membeli TV atau antena baru, dan setiap kali stasiun TV lokal berubah ke frekuensi siaran yang berbeda.

Di masa lalu, ini secara kasar diterjemahkan menjadi “jika TV tidak berfungsi, pindai saluran”, namun saat ini Indonesia sedang mengalami transisi siaran TV .

Karena warga negara Indonesia saat ini diharuskan beralih dari siaran TV analog ke siaran TV digital, penyiar mengubah frekuensinya ke frekuensi yang kompatibel ATSC 3.0 siap 4K yang tidak mengganggu frekuensi seluler.

Akibatnya, semua TV analog akan kehilangan saluran lokal secara perlahan, saluran yang sama sekali baru dapat muncul di area kamu, dan TV kamu tidak akan tahu bahwa saluran itu ada di sana.

Solusinya? cari gelombang baru setiap bulan, atau setiap kali kamu menyadari bahwa siaran lokal hilang, ini proses yang mudah dan cepat dilakukan demi TV OTA gratis.

Cara Mencari Gelombang TV Digital

Cara Mencari Gelombang TV Digital

Mencari atau memindai gelombang atau saluran sebagian besar merupakan sebuah proses yang dilakukan secara otomatis.

Yang harus kamu lakukan adalah mengatur proses itu melalui beberapa langkah sederhana, dan meskipun langkah-langkah dibawah berbeda untuk setiap TV, prosesnya hampir sama di setiap TV digital lainnya.

Silahkan ikuti petunjuk berikut :

  • Pastikan TV kamu terhubung ke antena.
  • Tekan tombol “Menu” pada remote control kamu, jika kamu tidak memiliki remote, TV kamu harus memiliki tombol “Menu” bawaan.
  • Temukan dan pilih opsi “Pemindaian Saluran” di menu TV kamu, opsi ini terkadang diberi label “Pindai ulang“, “Tune“, atau “Penyetelan otomatis”.
  • Jika kamu tidak dapat menemukan opsi “Pemindaian Saluran“, gali melalui menu “Pengaturan“, “Alat“, “Saluran“, atau “Opsi” TV, di beberapa TV, kamu harus menekan tombol “Masukan” dan pergi ke “Antena“.
  • Setelah TV kamu mulai memindai saluran, cari sesuatu untuk dilakukan, pemindaian saluran dapat memakan waktu hingga 10 menit.
  • Saat pemindaian selesai, TV kamu akan menampilkan berapa banyak saluran yang tersedia atau mengembalikan kamu ke siaran.
  • Masih kehilangan beberapa saluran? Coba jalankan pemindaian lain, atau gunakan situs web Mohu  untuk memeriksa ulang saluran apa yang tersedia di wilayah kamu, kamu mungkin perlu memindahkan antena untuk penerimaan yang lebih baik juga.

Akhir Kata

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai tutorial cara mencari gelombang TV digital, terimakasih dan semoga bermanfaat.