Cara Mencari Channel Set Top Box TV Tabung Tanpa Ribet

Avatar photo
Cara Mencari Channel Set Top Box TV Tabung Tanpa Ribet

Pada artikel ini kami akan memberikan tutorial cara mencari channel Set Top Box TV tabung dengan mudah, ayo simak penjelasannya hingga tuntas.

Televisi atau disingkat menjadi TV telah bersama kita sejak lama dan kini teknologinya terus menjadi lebih canggih dari waktu ke waktu.

Kebanyakan orang saat ini menggunakan TV digital, namun tidak sedikit dari mereka yang masih memakai TV tabung alias TV analog.

Sebagian besar pengguna TV analog tidak mengetahui bahwa saat menggunakan antena over-the-air alias OTA, penting untuk sering melakulan pemindaian ulang saluran TV analog.

Namun, dalam beberapa kasus yang seringkali terjadi, banyak pemilik TV analog yang kehilangan salurannya juga setelah melakukan proses pemindaian ulang.

Atau terkadang saat mencoba menonton saluran gratis favorit, kita tidak dapat menemukan gelombang atau channel apa pun untuk ditonton.

Sebagian besar, channel masih ada di daftar channel tetapi tidak memberikan gambar atau suara apa pun dan kamu malah melihat tampilan layar “no signal” yang sangat mengganggu.

Yang perlu kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah dan mulai menikmati siaran TV digital pada TV tabung kamu adalah mencari channel Set Top Box kamu atau memindai ulang channel dan kamu akan baik-baik saja.

Apakah kamu bertanya-tanya mengapa channel Set Top Box menghilang? Jangan khawatir, dalam postingan ini kami akan membantu kamu memahami mengapa channel Set Top Box menghilang di TV tabung.

Mengapa Channel Set Top Box Bisa Menghilang di TV tabung ?

Ada lima penyebab utama mengapa channel Set Top Box pada TV tabung bisa menghilang, di antaranya sebagai berikut.

  • Gangguan sinyal.
  • Faktor cuaca.
  • Perubahan frekuensi.
  • Channel berpindah ke satelit lain.
  • Perubahan Status FTA menjadi FTV.

Nah, itulah lima penyebab channel Set Top Box tiba-tiba menghilang pada TV tabung, dengan mengetahui beberapa penyebab di atas, kamu akan semakin mudah mengatasi masalahnya.

Kapan Harus Mencari Channel Set Top Box di TV Tabung?

Kamu perlu mencari channel setiap kali ada perubahan frekuensi siaran lokal, itu berarti kamu harus memindai ulang setiap kali kamu pindah tempat.

Atau setiap kali kamu membeli TV maupun antena baru, dan setiap kali stasiun TV lokal berubah ke frekuensi siaran yang berbeda.

Di masa lalu, ini secara kasar diterjemahkan menjadi “jika TV tidak berfungsi, pindai saluran”, namun saat ini Indonesia sedang mengalami transisi siaran TV .

Karena warga negara Indonesia saat ini diharuskan beralih dari siaran TV analog ke siaran TV digital, penyiar mengubah frekuensinya ke frekuensi yang kompatibel seperti siap 4K yang tidak mengganggu frekuensi seluler.

Akibatnya, semua TV analog akan kehilangan saluran lokal secara perlahan, saluran yang sama sekali baru dapat muncul di area kamu, dan TV kamu tidak akan tahu bahwa saluran itu ada di sana.

Solusinya, cari gelombang baru setiap bulan, atau setiap kali kamu menyadari bahwa siaran lokal hilang, ini proses yang mudah dan cepat dilakukan.

Cara Mencari Channel Set Top Box TV Tabung

Berikut cara mencari channel di Set Top Box pada TV tabung yang dapat kamu lakukan dengan mudah dan cepat, silahkan ikuti setiap langkah demi langkah dibawah ini.

  • Pastikan perangkat STB DVB-T2 dan TV analog kamu sudah saling terhubung.
  • Hidupkan TV kamu, kemudian masuk ke AV mode.
  • Jika terdapat berbagai mode AV, silahkan sesuaikan dengan perangkat STB, contohnya AV1, AV2, dan seterusnya.
  • Jika kedua perangkat telah siap, tekan “Menu” di remot STB kamu, kemudian klik “Pencarian”.
  • Pencarian ini dapat kamu lakukan secara manual dan otomatis.
  • Apabila ingin mencari secara otomatis, cukup klik “Pencarian Otomatis”.
  • Dan tunggu sampai perangkat berhasil menerima sinyal channel TV digital hingga selesai, setelah itu silahkan simpan.

Akhir Kata

Itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara mencari channel Set Top Box di TV tabung, semoga panduan di atas bermanfaat dan semoga membantu.