Cara Agar Telegram Tidak Pending

5 Penyebab dan Cara Agar Telegram Tidak Pending Saat Kirim Pesan

Diposting pada

Sebagai salah satu pengguna telegram tentunya kita sering mengalami kendala seperti jaringan error, sehingga kita tidak dapat mengirim pesan sampai melakukan panggilan dalam waktu tertentu.

Tentunya kita akan merasa jengkel pada saat telegram diperlukan ternyata tidak dapat mengirimkan pesan karena pending.

Tidak menutup kemungkinan bahwa banyak ada beberapa pengguna yang belum tahu mengenai solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Sebelum kamu tahu mengenai cara mengatasi telegram supaya tidak pending, maka kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai penyebab kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Untuk proses menangani kendala tersebut kamu tidak perlu repot-repot, karena caranya terbilang sangat mudah dan praktis.

Penyebab Telegram Pending

Sebenarnya ada beberapa penyebab yang dapat membuat telegram menjadi pending, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Jaringan Internet Yang Bermasalah

Penyebab pertama telegram pending sudah pasti dikarenakan jaringan atau koneksi internet kamu sedang bermasalah.

Sehingga nantinya kamu harus memeriksa sambungan nirkabel sesuai dengan provider yang kamu gunakan, bisa jadi hal tersebut terjadi karena paket internet kamu habis pada saat sedang berkomunikasi di telegram.

  1. File Sampah Menumpuk

File sampah atau yang sering disebut dengan cache dapat menjadi salah satu alasan mengapa akun telegram kamu selalu pending.

Untuk mengatasinya kamu bisa membersihkan file tersebut melalui aplikasi pembersih bawaan, kemudian tunggu proses scan berhasil dan Hapus semua cache secara otomatis.

  1. Aplikasi Belum Di Perbarui

Memperbarui sebuah aplikasi juga menjadi salah satu hal penting yang wajib dilakukan secara rutin jika sudah tersedia versi terbaru.

Karena dengan adanya versi terbaru ini akan memperbaiki sistem yang error di dalam aplikasi tersebut.

  1. Server Sedang Dalam Perbaikan

Server telegram dalam masa perbaikan juga dapat menyebabkan aplikasi tersebut menjadi pending. Untuk mengatasinya yaitu pengguna harus menunggu sampai kinerja servernya kembali normal.

  1. Terjadi Bug Di Aplikasi Telegram

Penyebab terakhir kenapa akun telegram sering pending yaitu karena ada bank pada aplikasi tersebut, dengan adanya kondisi tersebut dapat mengakibatkan kinerja telegram menjadi semakin menurun.

Nah, jika kamu menggunakan OS Android Lollipop, maka besar kemungkinan aplikasi atau HP akan rentan mengalami masalah.

Cara Agar Telegram Tidak Pending

Adapun beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi telegram supaya tidak pending yaitu sebagai berikut:

1. Koneksi Internet Harus Stabil

Cara pertama yang dapat kamu coba lakukan untuk mengatasi telegram pending akibat koneksi internet yaitu mengoptimalkan koneksi internet tersebut supaya tetap stabil.

  • Selalu Dalam Jaringan 4G

Pastikan bahwa akses internet yang selalu diterima di HP kamu yaitu jaringan 4G, silahkan masuk terlebih dahulu ke menu pengaturan dan tekan pilihan jaringan.

Di dalam opsi tersebut, pastikan untuk memilih jaringan 4G. Sehingga nantinya sinyal yang ada di hp kamu akan tetap mencari jaringan 4G.

  • Harus Berada Diri Lingkungan Dengan Kondisi Internet Stabil

Pada saat kamu mengirimkan pesan atau chat telegram, maka kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa kamu berada di area yang jaringan internetnya baik.

Tujuannya yaitu supaya pengiriman pesan tersebut dapat dilakukan dengan lancar tanpa ada hambatan. Jika perlu kamu dapat mengakses jaringan wifi apabila memang sinyal data seluler di tempat kamu kurang bagus.

2. Hapus Cache Telegram

  • Buka terlebih dahulu aplikasi telegram yang ada pada hp kamu.
  • Kemudian masuk pada menu utama dengan klik icon tiga garis horizontal pada bagian ujung sebelah kiri atas.
  • Lalu masuk pada menu pengaturan yang ber-icon roda gerigi dan tekan pilihan data dan penyimpanan.
  • Setelah itu pilih pemakaian penyimpanan dan tekan bersihkan cache.

Pada bagian cache ini, kamu bisa memilih opsi pembersihan sesuai dengan keinginan kamu. Biasanya di sana akan tertera cache pada bagian foto, video, dokumen, pesan suara dan video, stiker animasi serta berkasus yang lainnya.

3. Update Telegram Ke Versi Terbaru

Seperti yang kita ketahui biasanya setiap periode tertentu, telegram selalu memperbaharui aplikasinya ke yang lebih maju.

Baik itu dari performa meminimalisir dan menghilangkan bau pada telegram versi sebelumnya atau bisa juga memasukkan fitur baru.

Nah, jika ada telegram versi terbaru. Maka sudah dipastikan telegram lama tidak akan diprioritaskan oleh sistem pada telegram tersebut.

Untuk itu kamu bisa mengecek versi update telegram terbaru melalui Google Play Store untuk Android dan App Store untuk iOS.

4. Restart HP

Tidak hanya itu saja, kendala telegram yang pending juga dapat disebabkan ada malfungsi di sistem hp yang kita gunakan.

Untuk mengatasi kendala tersebut, maka ada baiknya kamu merestar terlebih dahulu hp yang digunakan. Setelah itu, kamu bisa menggunakan kembali dan mencoba mengirimkan pesan pada telegram.

Akhir Kata

Itu saja penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai cara agar telegram tidak pending, semoga artikel kali ini bisa membantu dan bermanfaat terutama bagi para pengguna yang mengalami kendala pending di telegram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *