Random  

7 Makanan Tinggi Zat Besi untuk Anak, Rekomendasi Terbaik

Avatar photo
Makanan Tinggi Zat Besi untuk Anak

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit ulasan artikel mengenai makanan tinggi zat besi untuk anak

Kekurangan zat besi masih menjadi masalah pada beberapa anak. Nah ini biasanya terjadi pada anak yang susah dan pilih-pilih makan.

Apakah kamu tahu fungsi zat besi untuk anak dan berapa kebutuhan yang perlu dipenuhi dari sumber makanan harian?

Zat besi adalah mineral yang ditemukan dalam hewan dan beberapa tumbuhan. Zat besi juga merupakan sekumpulan penting dari hemoglobin di dalam tubuh.

Hemoglobin adalah protein dari sel darah merah yang bertujuan membawa oksigen dari paru-paru untuk diedarkan ke seluruh tubuh.

Zat besi akan memberikan kekuatan bagi hemoglobin agar mampu membawa atau mengikat oksigen dalam darah.

Tanpa adanya zat besi, tubuh tidak mampu membuat hemoglobin dan tidak bisa memproduksi sel darah merah yang cukup.

Oleh karena itu, zat besi untuk anak wajib banget tercukupi agar bisa mendukung aktivitas serta tumbuh kembangnya anak.

Rekomendasi Makanan Tinggi Zat Besi untuk Anak

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan tinggi zat besi untuk anak yang bisa kamu Olah dirumah

1. Makanan laut

Makanan laut, seperti ikan, kerang, tiram, cumi-cumi, dan udang, kaya akan protein tanpa lemak dan mikronutrien berkualitas tinggi. Salah satunya adalah zat besi.

Jika anak- anak tidak memiliki alergi terhadap makanan laut, maka ini bisa menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian yang baik.

2. Telur

Murah dan mudah diolah menjadi berbagai makanan, telur ternyata merupakan sumber protein dan mikronutrien yang berkualitas tinggi.

Anak bisa mendapatkan manfaat nutrisi dari telur dengan mengonsumsi telur utuh yang diolah menjadi telur dadar, telur mata sapi, telur orak-arik dengan sayuran, atau pun egg salad.

3. Kacang-kacangan

Kacang mete, almond, kacang walnut, dan jenis kacang-kacangan lain mengandung sejumlah zat besi yang tinggi per porsinya.

Kamu bisa banget mengolah kacang-kacangan ini menjadi selai kacang untuk isian roti lapis atau pun dijadikan bubuk yang dicampurkan ke dalam berbagai minuman kesukaan anak.

4. Daging tanpa lemak

Salah satu sumber zat besi yang kaya dan relatif mudah dicerna anak. Daging ayam tanpa kulit, daging sapi, daging kalkun, dan daging domba adalah pilihan yang baik untuk kamu coba.

Kamu bisa mengolah berbagai macam daging ini menjadi makanan lezat yang mengundang selera makan anak, seperti kari daging, nasi tim ayam, spaghetti, dan lain-lain.

5. Buah kering

Buah kismis, kurma, buah ara, dan plum adalah buah-buahan yang biasa dikeringkan untuk kamu gunakan dalam berbagai keperluan. Mulai dari campuran roti dan kue hingga menjadi camilan.

Buah kering tadi tidak hanya enak tetapi juga kaya akan zat besi dan serat yang mengandung beberapa mikronutrien.

Tambahkan buah kering cincang ke dalam sereal, bubur, smoothies, atau pun dicampurkan dengan kacang-kacangan sebagai camilan praktis yang dimakan kapan saja.

6. Sereal fortifikasi

Sereal fortifikasi adalah beberapa pilihan yang dapat kamu sajikan untuk sarapan mengenyangkan anak – anak .

Periksa label sebelum membeli sereal yang telah difortifikasi untuk mengetahui seberapa banyak takaran saji yang dapat memenuhi kebutuhan zat besi anak.

Tambahkan buah-buahan ke dalam sajian sereal anak agar semakin bergizi yaa.

7. Sayuran berdaun hijau

Bayam, kangkung, sawi, dan brokoli adalah sumber zat besi dan nutrisi penting lainnya, seperti vitamin A, folat, dan senyawa bioaktif.

Akhir kata

Demikian beberapa rekomendasi makanan tinggi zat besi untuk anak semoga dapat bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari makanan yang tinggi akan khasiat